3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Job Fair

 

Mungkin bagi anda yang sering mengikuti acara-acara job fair namun sampai saat ini anda masih belum mendapatkan pekerjaan incaran anda, itu berarti anda bisa di bilang anda termasuk kedalam golongan orang-orang yang gagal dalam memanfaatkan acara job fair tersebut. Anda jangan putus asa dan berkecil hati, karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips agar anda sukses mendapatkan pekerjaan  melalui acara job fair yang anda ikuti.

3 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Job Fair

Kredit gambar: m.okezone.com

Biasanya ketika acara job fair tengah berlangsung, ada satu acara yang paling penting yang harus anda ikuti ketika acar berlangsung, yaitu walk in interview dengan pihak HRD dari perusahaan yang bersangkutan. Berikut ini 3 hal yang harus anda perhatikan dengan benar dalam persiapan diri sebelum anda mendatangi lokasi acara job fair berlangsung.

1. Apa yang harus dipakai?

Jika anda akan mengikuti acara job fair, sebaiknya anda menggunakan pakaian yang melihatkan kalau anda seorang yang profesional. Bagi anda kaum wanita, sebaiknya anda mengunakan pakaian dengan atasan kemeja, rok atau pun celana serta blazer. Dan jika anda ingin menggunakan rok, sebaiknya rok yang anda gunakan tidak boleh mencapai pertengahan paha ketika anda duduk. Oleh karena itu, anda harus memastikan kalau rok yang anda gunakan setidaknya panjangnya selutut. Selain itu anda juga harus memastikan pakaian yang anda gunakan terbuat dari bahan yang tampak profesional, tidak melar serta terlihat kesual.

Bagi anda kaum pria, sebaiknya anda menggunakan atasan kemeja dengan perpaduan celana yang rapih, gunakan pula sepatu yang PDH atau pentofel hitam/coklat. Untuk atasan, kami menyarankan sebaiknya anda jangan menggunakan kemeja putih polos. Gunakanlah kemeja yang memiliki corak bergaris, karena hal tersebut akan lebih berkesan profesional.

2. Apa yang harus dilakukan?

Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu anda harus mencari tahu informasi terkait perusahaan mana saja yang akan hadir di acara bursa kerja tersebut. Informasi tersebut bisa anda peroleh dari pengumuman yang diberitahukan sebelum acara tersebut terselenggara. Seorang pencari kerja sangat perlu untuk mengetahui perusahaan mana yang tengah mereka incar. Namun hal yang tidak kalah pentingnya yaitu anda harus mengetahui dengan pasti kemampuan yang anda miliki, pengetahuan, serta pengalaman yang anda miliki dalam bekerja yang sesuai dengan apa yang tengah perusahaan cari dengan posisi yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan tersebut.

Setelah anda mencari informasi terkait perusahaan serta posisi lowongan pekerjaan yang memang disediakan oleh perusahaan di acara job fair tersebut, anda harus membuat daftar prioritas yang isinya terkait nama-nama perusahaan apa saja yang selama ini anda inginkan. Dan setelah itu, anda harus mempersiapkan diri untuk presentasi tentang diri anda serta kemampuan yang anda miliki untuk anda sampaikan ke pihak perusahaan yang mengikuti acar job fair tersebut.

Ketika anda mempresentasikan diri anda kepada pihak perusahaan, anda harus memancarkan diri secara profesional, gunakanlah cara yang positif serta tunjukkanalah kepada mereka bahwa anda merupakan seseorang yang sangatlah luar biasa.

3. Apa yang harus dibawa?

Ketika anda akan menghadiri acar job fair, pastinya anda harus membawa surat lamaran kerja serta CV baik dalam bentuk soft copy maupun hard copy. Karena banyak diantaranya acara job fair yang menggunakan sistem online.

Bukan hanya itu, biasanya pihak perusahaan ingin mengetahui pengalaman anda dalam bekerja atau magang. Jika anda memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, maka anda harus membawa portofolio.

Dapatkan Update Artikel/Lowongan GRATIS via eMail

Masukan eMail Anda:

Delivered by FeedBurner

Video Alur Pendaftaran CPNS 2014 & Tips/Trik

Share this post:

Related Posts